Selasa, 20 April 2010

Kontrak Belajar

PENDIDIKAN BAHASA SATRA INDONESIA DAN DAERAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BATURAJA

KONTRAK BELAJAR

Mata Kuliah/ SKS : Menulis I / 3 SKS
Program Studi : Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Semester/Tahun Akademik : II / 2009-2010
Hari /Tempat Pertemua/Jam : Jum’at/ RK 34/ CII.3/ 16.00-18.00
Sabtu/ RK 31/ CII.2./ 13.10-15.10
RK 32/ CII.5/ 18.50-20.50
Minggu/RK 5/ CII.1/13.50-15.50

Dosen Pengampu : Semaun Naidu, S.Pd.
1.Manfaat Mata Kuliah
Mahasiswa mampu menuangkan gagasan/ide dalam karangan ilmiah, ilmiah populer, semi ilmiah, dan fiksi.

2.Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah Teori Sastra merupakan matakuliah bagi mahasiswa semester I Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja. Mata kuliah ini merupakan dasar untuk meningkatkan dan mengambangkan kemampuan (:keterampilan) menulis (writing ability) secara memadai. Jadi, konsentrasi mata kuliah ini adalah untuk meletakkan kerangka di bidang kemampuan bernalar dalam menulis, khususnya menulis karangan ilmiah.

3.Tujuan Instruksional.
Setelah perkuliahan selesai disajikan diharapkan mahasiswa dapat:
1. Mengidentifikasi karangan ilmiah, semi ilmiah, nonilmiah, dan fiksi
2. Menyusun perencanaan dan pengorganisasian karangan ilmiah
3. Menentukan topik dan judul karangan
4. Menyusun tahapan menulis karangan
5. Menerapkan penggunaan bahasa, paragraf dengan baik dalam mengembangkan karangan
6. Menyusun kalimat efektif
7. Mengembangkan paragraf dengan berbagai jenis pengembangan
8. Menyunting karangan karya mahasiswa (teman sekelas)
9. Menulis kutipan dalam karangan
10. Menuliskan daftar pustaka
11. Menuangkan gagasan dalam bentuk ringkasan
12. Menyusun resensi

4. Strategi Perkuliahan
Metode perkuliahan ini menggunakan metode Ceramah dan Tanyajawab dengan tetap mengutamakan aktifitas mahasiswa, untuk beberapa tujuan instruksional dosen akan memberikan memberikan kuliah singkat pada awal pertemuan untuk memberikan latar belakang dan kerangka berpikir kemudian dilanjutkan diskusi kelompok menganalisis dan mendiskusikan beberapa topik untuk mengembangkan pendapat pribadi serta pengalaman kemudian dilanjutkan dengan diskusi klasikal.
Selain melakukan Diskusi kelas Matakuliah ini akan mengedepankan praktik. Penulisan yang yang dimaksudkan pada akhirnya akan bermanfaat dan menghasilkan tulisan yang baik. Hal itu akan tercermin pada penulisan karya ilmiah dan akan digunakan pada penulisan skripsi.

5. Materi / Bacaan Perkuliahan
Akhadiah, Sabarti, dkk. 2000. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Alwi. Hasan..dkk 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdikbud. 2001. Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.

Keraf, Gorys. 2000. Komposisi. Ende: Nusa Indah.
Putrayasa, Ida Bagus.2007.Kalimat Efektif:Diksi, Struktur, dan Logika. Bandung. Refika Aditama.
Prayitno, Harun Joko, dkk (ed.). 2001. Pembudidayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Muhammadiyah University Press

6. Tugas/ Tagihan.
1. Setiap bacaan perkuliahan sebagaimana disebutkan pada jadwal program harus
sudah dibaca sebelum mengikuti perkuliahan
2. Pada saat mengikuti diskusi kelas mahasiswa harus menyerahkan makalah
yang akan dipresentasikan berdasarkan hasil diskusi kelompok sebelumnya.
3. Evaluasi tengah semester akan dilaksanakan pada pertemuan ke-10 perkuliahan
dan evaluasi akhir semster yang jadwalnya ditentukan oleh pihak fakultas.
3. Menyerahkan resume perkuliahan sebagai tugas akhir mahasiswa

7. Kriteria Penilaian
Penilaian akan dilakukan oleh pengajar dengan menggunakan
kriteria sebagai Berikut
Nilai Point Range
A 4 > 80
B 3 70-79
C 2 60-69
D 1 50-59
E 0 < 49
Dalam menetukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut
a.Tugas : 15 %
b.Kuis : 15 %
c.Ujian tengah semester : 30 %
d.Ujian akhir semester : 40 %
dengan ketentuan mahasiswa dapat mengikuti ujian akhir semester kalau prosentasi kehadiran mengikuti perkuliahan ( tatap muka) tidak kurang dari 80 %

8. Jadwal Perkuliahan
Pertemuan ke Pokok Bahasaan/ Sub Pokok Bahasan Sumber
I Penjelasan silabus matakuliah dan strategi perkuliahan Silabus matakuliah
II Umum
Pengantar menulis dan sekitarnya Berbagai Sumber
III Hakikat karangan ilmiah, semiilmiah, nonilmiah, dan fiksi.
1. Karakteristik karangan ilmiah, semi ilmiah, nonilmiah, dan fiksi.
2. perbedaan karangan ilmiah, semi ilmiah, nonilmiah, dan fiksi. Prayitno, Harun Joko, dkk (ed.). 2001. Pembudidayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Muhammadiyah University Press
IV Perencaan dan pengorganisasian karangan ilmiah
1. mengilustrasikan karangan ilmiah.
2. contoh karangan ilmiah. Prayitno, Harun Joko, dkk (ed.). 2001. Pembudidayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Muhammadiyah University Press
V Topik dan judul karangan
1 . merumuskan topik karangan.
2 . merumuskan judul karangan.
3. membedakan antara topik dengan judul Alwi. Hasan..dkk 2003.
Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Keraf,Gorys.2000.Komposisi.
Ende: Nusa Indah.
VI Tahap-tahap menulis karangan
1. Mengidentifikasi pra penulisan karangan.
2. Pelaksanaan penulisan karangan.
3. merevisi karangan. Prayitno, Harun Joko, dkk (ed.). 2001. Pembudidayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Muhammadiyah University Press
VII Bahasa dan Paragraf dalam pengembangan karangan
1. Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dalam penyusunan karangan
2. Menyusun paragraf dengan baik dalam mengambangkan karangan Prayitno, Harun Joko, dkk (ed.). 2001. Pembudidayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Muhammadiyah University Press
VIII Kalimat efektif
1. Menyebutkan ciri-ciri kalimat efektif.
2. Menyusun kalimat efektif. Putrayasa,IdaBagus.2007
.Kalimat Efektif:Diksi,
Struktur, dan Logika.
Bandung. Refika Aditama.

IX Pengembangan paragraf
1. Mengembangkan paragraf dalam jenis perbandingan dan pertentangan
2.Mengembangkan paragraf dalam jenis analogi
3. Mengembangkan paragraf dalam jenis contoh
4. Mengembangkan paragraf dalam jenis sebab akibat
5. Mengembangkan paragraf dalam jenis definisi
6. Mengembangkan paragraf dalam jenis klasifikasi
7. Mengembangkan paragraf dalam jenis proses
8. Mengembangkan paragraf dalam jenis deskripsi
9. Mengembangkan paragraf dalam jenis argumentasi, dll Akhadiah, Sabarti, dkk.
2000. Pembinaan
Kemampuan Menulis Bahasa
Indonesia. Jakarta: Erlangga

Alwi. Hasan..dkk 2003.
Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

X Penyuntingan
1. Menunjukkan kesalahan dan pembenaran pemakaian ejaan dan tanda baca.
2. Menunjukkan kesalahan dan pembenaran pemakaian kalimat.
3. Menyelaraskan isi karangan Prayitno, Harun Joko, dkk (ed.). 2001. Pembudidayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Muhammadiyah University Press
XI Mid Semester
XII Kutipan
1. Menulis kutipan langsung.
2. Menulis kutipan tidak langsung Keraf,Gorys.2000.Komposisi.
Ende: Nusa Indah.

XIII Daftar pustaka
1. Mengidentifikasi unsur-unsur penulisan daftar pustaka
2. Menuliskan daftar pustaka dari berbagai sumber Akhadiah, Sabarti, dkk.
2000. Pembinaan
Kemampuan Menulis Bahasa
Indonesia. Jakarta: Erlangga

XIV Ringkasan
1.Mengidentifikasi ringkasan
2.Menuliskan ringkasan dari berbagai sumber Keraf,Gorys.2000.Komposisi.
Ende: Nusa Indah.

XV Teknik Resensi
1.Mengidentifikasi resensi
2.Menyebutkan ciri-ciri resensi
3.Menyeburkan syarat-syarat meresensi
4.Menulis resensi Keraf,Gorys.2000.Komposisi.
Ende: Nusa Indah.

XVI Evaluasi materi keseluruhan dan pengumpulan tugas akhir Mahasiswa Resume Materi Mata Kuliah Menyimak Mahasiswa


Baturaja, 5 Maret 2010
Dosen Pengampu


Semaun Naidu,S.Pd.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda