Selasa, 20 April 2010

Kontrak Belajar

PENDIDIKAN BAHASA SATRA INDONESIA DAN DAERAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BATURAJA

KONTRAK BELAJAR

Mata Kuliah/ SKS : Teori Sastra / 2 Sks
Program Studi : Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Semester/Tahun Akademik : 2009/2010
Hari/Kelas/Jam Pertemuan : Jum’at RK 09 Kelas CII.4/ 13.00-14.20
Sabtu RK 31 Kelas CII.2/ 15.10-16.20
RK 31 Kelas CII.3/ 18.10-19.30
Minggu RK 5 Kelas CII.1/ 16.40-17.20

Dosen Pengampu : Semaun Naidu, S.Pd.

1.Manfaat Mata Kuliah
Mahasiswa mengetahui dan memahami perkembangan ragam teori sastra secara umum. Di samping itu, mahasiswa juga dapat memahami komponen serta prinsip dasar masing-masing teori sastra masing-masing, pokok pemikiran, serta problematika yang ada di dalamnya. Pada akhirnya, mahasiswa dapat memahami materi yang telah diperoleh tentang teori sastra dan dapat menjelaskannya serta dapat melakukan interpretasi terhadap karya sastra berdasarkan berdasarkan teori yang telah dipahaminya.

2.Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah Teori Sastra merupakan matakuliah bagi mahasiswa semester II Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja. Matakuliah ini akan menjadi dasar pemahaman mahasiswa tentang teori sastra. Materi perkuliahan meliputi perkembangan dan ragam teori sastra yang berkembang sejak abad 19 serta prinsip-prinsip dasar teori sastra.
Mahasiswa juga akan dikenalkan pada contoh bentuk-bentuk penerapan analisis karya sastra yang menggunakan teori sastra tersebut. Pada akhirnya, mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan yang diperolehnya sebagai alternatif pilihan untuk penelitian akhir (skripsi).

3.Tujuan Instruksional
Pada akhir perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan:
1. Keilmiahan Studi Sastra
2. Formalisme dan Strukturalisme
Karakteristik dan Analisis
3. Strukturalisme Dinamis
Prinsip Dasar dan Analisis Semiotik
4. Strukturalisme Genetik
Pandangan Dunia dan Analisis
5. Stilistika
Gaya dan contoh Analisis
6. Sosiologi Sastra
Sasaran Sosiologi Sastra contoh Analisis
7. Psikologi Sastra
Psikologi dalam Sastra dan contoh Analisis
8. Resepsi Sastra
Analisis
9. Antropologi Sastra
Ruang Lingkup
10. Sastra Perbandingan
Kajian Sastra Perbandingan
Teori dan Metode
11. Feminisme
Seksualitas dan Gender
Contoh Analisis
12. Posmodernisme dan Poskolonialisme
Dekonstruksi
Poskolonialisme
Analisis

4. Strategi Perkuliahan
Metode perkuliahan ini menggunakan metode Ceramah dan Tanyajawab dengan tetap mengutamakan aktifitas mahasiswa, untuk beberapa tujuan instruksional dosen akan memberikan memberikan kuliah singkat pada awal pertemuan untuk memberikan latar belakang dan kerangka berpikir kemudian dilanjutkan diskusi kelompok menganalisis dan mendiskusikan beberapa topik untuk mengembangkan pendapat pribadi serta pengalaman kemudian dilanjutkan dengan diskusi klasikal.

Sebagai tagihan terhadap mahasiswa antara lain adalah makalah presentasi, penampilan diskusi, selanjutnya mahasiswa membuat resume untuk tugas akhir, yang dikumpulkan di pertemuan / tatap muka terakhir. Sekaligus mengevaluasi materi secara keseluruhan dan membahas kelemahan strategi perkuliahan sebagai bahan acuan ke depannya.

5. Materi / Bacaan Perkuliahan
Damono, Sapardi Djoko. (2004). Pegangan Penelitian Sastra Bandingan. Jakarta: Pusat Bahasa.
Esten, Mursal. 1989. Kesusastrtraan: Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung. Angkasa.
Faruk. 1999. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Mahayana, Maman.S.2005. 9 Jawaban Sastra Indonesia. Jakarta. Bening Publishing.
Nurhayati. 2008. Stilistik: Teori dan Aplikasi. Palembang. Unsri.
Pradopo, Rachmad Djoko. 2008.Kritik Sastra indonesia Modern.Jogjakarta. Gama Media
Zoest, Aart van. 1993. Semiotika. Jakarta: Sumber Agung.

6. Tugas/ Tagihan.
1.Setiap bacaan perkuliahan sebagaimana disebutkan pada jadwal program harus
sudah dibaca sebelum mengikuti perkuliahan
2.Pada saat mengikuti diskusi kelas mahasiswa harus menyerahkan makalah
yang akan dipresentasikan berdasarkan hasil diskusi kelompok sebelumnya.
3.Evaluasi tengah semester akan dilaksanakan pada pertemuan ke-10 perkuliahan
dan evaluasi akhir semster yang jadwalnya ditentukan oleh pihak fakultas.
3.Menyerahkan resume perkuliahan sebagai tugas akhir mahasiswa

7. Kriteria Penilaian
Penilaian akan dilakukan oleh pengajar dengan menggunakan
kriteria sebagai Berikut
Nilai Point Range
A 4 > 80
B 3 70-79 C 2 60-69 D 1 50-59
E 0 < 49
Dalam menetukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut
a.Tugas : 15 %
b.Kuis : 15 %
c.Ujian tengah semester : 30 %
d.Ujian akhir semester : 40 %
dengan ketentuan mahasiswa dapat mengikuti ujian akhir semester kalau prosentasi kehadiran mengikuti perkuliahan ( tatap muka) tidak kurang dari 80 %

8. Jadwal Perkuliahan
Pertemuan ke Pokok Bahasaan/ Sub Pokok Bahasan Sumber
I Penjelasan silabus matakuliah dan
strategi perkuliahan Silabus matakuliah
II Pengantar Umum Damono, Sapardi Djoko. III Formalisme dan Strukturalisme Karakteristik Esten, Mursal. 1989.
IV Strukturalisme Dinamis Zoest, Aart van. 1993. V Strukturalisme Genetik Damono, Sapardi Djoko.
VI Stilistika Nurhayati. 2008. VII Sosiologi Sastra Faruk. 1999.

VIII Resepsi Sastra Junus, Umar. 1985. IX Antropologi Sastra Pradopo, Rachmad Djoko.
X Ujian tengah semester
XI Sastra Perbandingan Damono, Sapardi
XII Feminisme Faruk. 1999.
XIII Posmodernisme dan Poskolonialisme Pradopo, Rachmad Djoko. XIV Psikologi Sastra Mahayana, Maman.S.2005.
XV Keilmiahan Studi Sastra Damono, Sapardi XVI Evaluasi materi keseluruhan

Baturaja, 6 Oktober 2009
Dosen Pengampu


Semaun Naidu,S.Pd.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda